19 Mei 2008

PROGRAM PERPUSTAKAAN

A. PROGRAM JAM MEMBACA


B. REVIEW BUKU DAN REVIEW FILM

Perpustakaan mengadakan program review buku dan review film untuk siswa SD dan SMP. Maksud dari program ini adalah melatih siswa dalam menulis atau membuat suatu karya yang berupa tulisan sejak dini.

Siswa diberikan kesempatan dan kebebasan dalam memilih judul buku dan film yang akan direview. Siswa dihimbau untuk dapat mengumpulkan minimal satu karya dalam satu bulan. Sebuah karya review akan mendapatkan reward berupa bintang, dan setiap 5 bintang dapat ditukarkan dengan 1 stempel. Bagi pengumpul bintang dan stempel terbanyak akan mendapatkan reward dari perpustakaan.


C. PENULISAN DIARY

Perpustakaan mengadakan program penulisan buku harian (diary) khusus untuk siswa SD. Siswa diberikan kesempatan untuk menuliskan atau menceritakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Siswa dapat menukarkan 5 bintang yang diperoleh dari penulisan diary dengan 1 stempel. Siswa dapat mengumpulkan stempel tersebut dan dapat menukarkannya dengan reward yang sudah disediakan sekolah.


D. BAZAR BUKU

Perpustakaan bekerja sama dengan beberapa penerbit buku mengadakan program bazar buku yang diadakan minimal satu kali dalam satu semester pada saat penerimaan raport.

E.MADING SEKOLAH

Perpustakaan menyediakan papan display mading untuk digunakan bagi kelas yang mendapat kesempatan membuat karya mading. Program ini merupakan kerjasama perpustakaan dengan Tim Guru Bahasa dalam rangka memberikan wadah / sarana bagi siswa agar dapat menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam sebuah karya tulisan / mading.

F. VOLUNTEER

Perpustakaan membuka kesempatan bagi siswa untuk menjadi volunteer / sukarelawan di perpustakaan dengan mendaftarkan diri ke perpustakaan. Program ini dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal, belajar, berpartisipasi dalam tugas-tugas perpustakaan.

G. FESTIVAL / PARADE PEPUSTAKAAN

Perpustakaan mengadakan program festival / parade perpustakaan pada setiap akhir semester yang berupa bioskop sekolah. Dalam program ini perpustakaan akan menayangkan film-film yang mengandung berbagai pesan moral sebagai sarana rekreasi bagi siswa setelah menghadapi ujian semester.

H. PEMANFAATAN INTERNET
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada guru dan karyawan untuk mendapatkan informasi secara mudah melalui fasilitas internet di perpustakaan.

Tidak ada komentar: